"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , , » Kemewahan dan demonstrasi mewarnai penyambutan Presiden Indonesia di Inggris

Kemewahan dan demonstrasi mewarnai penyambutan Presiden Indonesia di Inggris

Written By Menara Penjaga on Kamis, 01 November 2012 | 20:49



(foto: detik.com)
INGGRIS, London (1 November 2012).

Pada Rabu (31/10) siang waktu setempat, Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat sambutan langsung dari Ratu Elizabeth II. Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II mendampingi Presiden SBY dan Ibu Ani menaiki kereta kuda kehormatan.

Presiden SBY mendapat kehormatan mengikuti Horse Guards Parade, sebuah parade besar-besar di wilayah pusat London. Parade ini dilakukan menuju Buckingham Palace, yang akan menjadi tempat tinggal Presiden SBY dan Ibu Ani selama kunjungan 3 hari di Inggris. Dalam parade ini, Presiden SBY juga melakukan inspeksi terhadap pasukan berseragam merah dan bertopi kulit beruang, dengan diiringi 41 kali tembakan militer dan alunan lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh band resimen

(Foto: detik.com).

Presiden SBY tampak mengenakan setelan jas warna hitam dengan dasi merah dan peci hitam. Sedangkan Ibu Ani mengenakan kebaya yang dilapis dengan mantel hitam. Sementara Ratu Elizabeth II mengenakan gaun warna krem lengkap dengan topi senada.

Ikut mendampingi Presiden SBY sebelum mengikuti prosesi Horse Guards Parade, yakni Menteri Luar Negeri Inggris William Hague dan Menteri Dalam Negeri Theresa May.

Ratu Elizabeth II dan Presiden SBY bersulang (foto: detik.com).
 Ratu Inggris berusia 86 tahun dan suaminya kemudian menjamu Presiden SBY berserta rombongan dalam makan malam mewah pada Rabu (31/10) malam.

Suasana Jamuan Makan Malam untuk menyambut Presiden SBY (foto: detik.com).
Inggris biasanya menerima dua kunjungan kenegaraan setiap tahun, namun SBY adalah satu-satunya kepala negara yang menerima sambutan resmi pada tahun ini, beberapa bulan setelah perayaan berlian untuk menandai 60 tahun Ratu bertahta. Kunjungan kenegaraan terakhir dilakukan oleh Presiden Turki Abdullah Gul pada November 2011. (Zona Damai)

Penghargaan
Dalam kesempatan ini, Presiden SBY juga mendapat penghargaan dari Ratu Inggris Elizabeth II. Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, Senin (29/10/2012), mengatakan, penghargaan itu bernama Knight Grand Cross in the Order of the Bath yang sebelumnya hanya diberikan kepada mantan Presiden AS Ronald Reagan, mantan Presiden Perancis Jacques Chirac, serta Presiden Turki Abdullah Gul. (Kompas)

Demonstrasi

Menurut kutipan laporan KBR68H, rencananya, SBY akan menetap di [Inggris] selama tiga hari. Kunjungan Presiden SBY ini sempat diwarnai aksi demonstrasi. Ini lantaran Presiden RI ini dituding membiarkan adanya pelanggaran hak asasi manusia termasuk penyiksaan. Mereka menuduhnya melakukan kejahatan perang di Papua Barat dan Timor Timur. 

Dalam pidato sambutannya, Ratu Elizabeth II memuji hubungan kedua negara yang kian erat. Ia pun menggambarkan Indonesia sebagai negara yang telah mengalami transformasi luar biasa sejak Presiden SBY menjabat pada 2004. Menurut Ratu Elizabeth, Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan ekonomi tercepat di dunia. Ia pun berencana membangun kerjasama dengan Indonesia.(MP)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger