"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Paus Benediktus XVI angkat Kardinal baru dari Asia dan Afrika

Written By Menara Penjaga on Jumat, 26 Oktober 2012 | 23:33

Uskup Agung Luis Antonio Tagle (foto: NJO)
VATIKAN, Vatican City (26 Oktober 2012).

Paus Benediktus XVI telah mengumumkan pengangkatan enam kardinal baru, termasuk tiga orang Asia. Nama-nama kardinal baru Asia, yang diumumkan pada Rabu, adalah Uskup Agung Luis Antonio Tagle dari Manila, Filipina, Mgr Baselios Cleemis Thottunkal, kepala Gereja Katolik Siro-Malankara di India, dan Patriark Bechara Rai dari Gereja Maronit di Lebanon. Para kardinal baru itu akan dibentuk dalam sebuah konsistori di Roma pada 24 November 2012.

Dua dari para kardinal baru Asia itu akan menjadi kardinal termuda dalam Gereja Katolik seperti Mgr Tagle berusia 55 tahun dan Mgr Thottunkal berusia 53 tahun. Sebelumnya, anggota termuda dari Kolega Kardinal adalah Kardinal Rainer Maria Woelky dari Berlin yang berusia 56 pada Agustus lalu. Ketika diwawancarai Radio Vatikan, Mgr Tagle, yang saat ini menghadiri Sinode Para Uskup di Roma tentang Evangelisasi Baru, mengaku “belum siap menerima kehormatan ini.”

Dia menekankan bahwa pengangkatan tersebut harus dianggap bukan sebagai penghargaan terhadap pribadinya, tetapi seluruh Gereja di Filipina. “Gereja Filipina memiliki peran penting bagi misi di seluruh Asia. Mungkin ini adalah hadiah untuk meningkatkan peran Gereja Filipina dalam penginjilan Asia,” katanya. Mgr Tagle dianggap sebagai rising star dalam gereja global dan telah disebut-sebut mungkin menjadi calon dalam konklaf mendatang.

Dalam sebuah acara publik pertamanya sebagai kardinal terpilih, ia menyerukan Gereja untuk berbicara lebih sedikit dan lebih banyak mendengar umatnya. “Saya menyadari bahwa penderitaan orang dan pertanyaan yang sulit yang mereka ajukan adalah undangan untuk menjadi yang pertama dalam solidaritas dengan mereka, jangan berpretensi bahwa kita memiliki semua solusi,” katanya kepada Radio Vatikan.

Baca seterusnya di sini.

Kegembiraan yang sama turut terasa di Afrika dengan penunjukkan Uskup Agung John Olorunfemi Onaiyekan dari Keuskupan Agung Abuja, Nigeria, sebagai kardinal baru. Menurut News Agency of Nigeria, sebelumnya telah ada tiga kardinal dari Nigeria. 

Selain mereka, dari Colombia, Bogota, Uskup Agung Ruben Salazar Gomez dan Amerika Serikat adalah Mgr James Michael Harvey yang memimpin Prefektur Rumah Tangga Kepausan. (Kabar Gereja/AllAfrica/MP)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger