"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , » Doakan!: Petaka politik identitas suku dan agama di Nigeria

Doakan!: Petaka politik identitas suku dan agama di Nigeria

Written By Menara Penjaga on Minggu, 22 Juli 2012 | 10:20

Nigeria (gambar: wikipedia)
Dirilis Open Doors, Gereja Kristus di Nigeria memberitahukan bahwa kini jemaat mereka yang tinggal di Jos telah melarikan diri dari rumah-rumah mereka, karena takut akan terjadi kekerasan yang lebih mengerikan. "Lima puluh jemaat gereja dibunuh di dalam bangunan gereja, dimana mereka berusaha untuk berlindung. Mereka terbunuh bersama istri pendeta dan anak-anak," ujar Pdt. Dachollom Datiri, wakil presiden dari Gereja Kristus di Nigeria.

Selain itu, pengurus gereja mengatakan bahwa ada sekitar 100 jemaat Gereja Kristus yang tewas dalam serangan akhir pekan di 12 desa akibat perseteruan etnik Fulain dan etnik Birom yang telah berlangsung selama berminggu-minggu. Kini hal tersebut menimbulkan tekanan dan trauma yang begitu membekas.

"Mereka mengalami trauma dan kegiatan serta produktifitas ekonomi mereka terganggu...Kebanyakan dari mereka adalah petani dan serangan ini tidak memungkinkan bagi mereka untuk pergi ke ladang. Bahkan tanaman yang telah mereka tanam juga telah dihancurkan oleh penyerang," kata Pdt. Obed Dashan, sekretaris utama dari Gereja Kristus Nigeria.

Serangan mematikan yang telah terjadi selama satu dekade itu juga menimbulkan anggapan bahwa pemerintah Nigeria telah menutup mata atas terjadinya penganiayaan umat Kristen di Nigeria. "Segala sesuatu dapat saja terjadi. Hal ini tentu saja sudah direncanakan oleh Boko Haram secara jangka panjang. Ini adalah gerakan yang akan menghijaukan negara ini, dan mereka gunakan teroris untuk melakukannya," simpul Pdt. Dachollom Datiri.

Sayangnya, kecurigaan semacam ini akan terus menambah bahan bakar konflik yang berkepanjangan. Masyarakat Nigeria harus bisa keluar dari prasangka, dan bekerja sama menjaga kestabilan dan mengolah sumber daya ekonominya yang sangat besar, dan bisa jadi sedang menjadi target mafia kapitalis.

Politik identitas yang menargetkan konflik antar suku atau agama saat ini sedang merajalela. Masyarakat yang tidak tanggap akan dengan mudah diadu domba sehingga mengalami kekacauan politik dan ketidakstabilan ekonomi. Belum lagi kekerasan yang akan dialami seluruh masyarakat, dan trauma bagi anak-anak yang tak tahu apa-apa. Adanya organisasi antar-adat dan suku termasuk dewan antar-umat beragama yang sangat berperan dalam menyikapi dan meredakan konflik di Kenya baru-baru ini sangat dibutuhkan.

Peristiwa memilukan seperti di Nigeria mengajarkan kita supaya jangan mudah terpancing dengan isu sektarian. Saling melindungi akan menghindarkan semua anggota masyarakat dari kerugian yang sangat besar. (jawaban/MP)

Doakan Nigeria.



Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger