"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , » Berapakah anak-anak Daud yang sebenarnya, apakah 11 orang (2 Samuel 5: 13-16) atau 13 (1 Tawarikh 14:3-7)?

Berapakah anak-anak Daud yang sebenarnya, apakah 11 orang (2 Samuel 5: 13-16) atau 13 (1 Tawarikh 14:3-7)?

Written By Menara Penjaga on Kamis, 02 Agustus 2012 | 01:44

Raja Daud
(Ilustrasi: kerygmakidz)
Pertanyaan selengkapnya: Berapakah jumlah anak-anak Daud yang dilahirkan di Yerusalem, apakah 11 (2 Samuel 5: 13-16) atau 13 (1 Tawarikh 14:3-7)?
Penanya: MT.


Dear MT,

Pertanyaan yang baik sekali.

Mengawali jawaban kami, perlulah diingat bahwa memahami perbedaan-perbedaan seperti ini dalam Alkitab akan membuat pengetahuan kita diperkaya, dengan harapan tentunya olehnya iman kita diperkokoh.

Tidak ada salahnya kita mendengar pemikiran dari para rabi Yahudi yang telah mengeluarkan pendapat mereka tentang perbedaan catatan antara 2 Samuel dan I Tawarikh.

Rabi David Kimchi menyarankan bahwa Elisua adalah yang disebut kedua kali sebagai Elisama di Tawarikh. Dan karena tujuannya adalah menyebut nama “semua anak-anak Daud,” maka Nogah dan Elpelet juga disebutkan; keduanya meninggal pada saat bayi, sehingga tidak dicantumkan dalam kitab Samuel.

Ada juga pendapat yang lain, yaitu dari Rashi. Ia mengatakan bahwa Elisama dan Elpelet disebut dua kali dalam Tawarikh 3:5-9, karena itu ia menganggap bahwa dua anak laki-laki dengan nama itu meninggal, dan setelah mendapat dua anak laki-laki lagi, mereka dinamakan sesuai nama saudara mereka yang telah meninggal itu. Nogah dan Elishua, menurutnya, adalah dua nama untuk seorang anak laki-laki, di mana karena penulis ingin menjunjung keluarga Daud dan menghormati Daud serta keluarganya, ia ingin memberikan kehormatan itu lewat banyaknya anak-anak yang didapat oleh Daud, karena itu disimpulkan pada ayat 9 “Semuanya itu anak-anak Daud, belum terhitung anak-anak dari gundik-gundik.” (The Conciliator Vol.2 pp.59  [414 of 691])

Saya lebih sependapat dengan Rabi Kimchi, bahwa Elpelet dan Elifelet lainnya 1 Tawarikh 3:5-9 merupakan orang yang sama, kemungkinan di sini adalah variasi penulisan seperti yang terlihat pada nama “Syimea” dan “Syamua.” Elpelet dan saudaranya, Nogah, meninggal pada waktu kecil, sehingga tidak disebut dalam kitab Samuel. Sedangkan “Elisama” yang kedua dalam 1 Tawarikh 3 merupakan “Elishua,” seperti pendapat rabi Kimchi di atas.

Jadi kesimpulannya ada 13 anak Daud yang disebut 1 Tawarikh, dua meninggal usia dini, dan tidak disebutkan oleh 2 Samuel. Kiranya dapat membantu.

Ray Maleke
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger