"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , , » Paus Fransiskus: Tindak tegas pelaku pelecehan seksual terhadap anak-anak

Paus Fransiskus: Tindak tegas pelaku pelecehan seksual terhadap anak-anak

Written By Ray Maleke on Kamis, 11 April 2013 | 18:53

Paus Fransiskus menggantikan Paus Emeritus Benediktus XVI (foto: Reuters).
VATIKAN, Vatican City (MP) -- Paus Fransiskus telah meminta Gereja Katolik untuk "bertindak tegas" dalam membasmi tindakan pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh imam tertentu dan memastikan pelakunya dihukum, demikian pernyataan dari Vatikan seperti diberitakan Al-jazeera (4/5).

Paus meminta Uskup Agung Gerhard Ludwig Mueller, kepala departemen Vatikan yang menangani tindakan pelecehan seksual, untuk "dengan tekad kuat melakukan tindakan" dalam kasus-kasus pelecehan terhadap anak-anak, demikian pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat itu.

Paus Fransiskus, yang terpilih pada tanggal 13 Maret untuk menggantikan Paus Emeritus Benediktus XVI, meminta agar upaya untuk melindungi anak-anak ditingkatkan dan memberi bantuan kepada mereka yang telah menjadi korban. 

Dalam pertemuan dengan Uskup Mueller, Paus mengatakan bahwa memerangi pelecehan itu penting "bagi Gereja dan kredibilitas Gereja." 

Ini adalah pernyataan resmi pertama Paus mengenai masalah ini.

Kredibilitas Gereja Katolik sangat dirusak oleh imam-imam tertentu yang kemungkinan menyusup dan melecehkan anak-anak di paroki mereka. Hal ini diperparah oleh para atasan mereka yang menutupi skandal atau melindungi mereka dengan memindahkan mereka ke paroki yang lain.

Pernyataan dari kepausan ini menunjukkan kesamaan kebijakan antara Paus yang baru dengan Paus Emeritus yang adalah paus pertama yang meminta maaf kepada korban pelecehan dan menyerukan nol toleransi terhadap para imam yang melakukan tindakan pelecehan seksual.***

(edit nama Paus 6 Juni 2013). 
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger