"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Stephane Charbonnier: Mencari popularitas dengan cara hina

Written By Menara Penjaga on Kamis, 20 September 2012 | 03:03

Stephane Charbonnier (foto: AFP).
PRANCIS, Paris (19/9/12).
 
Sementara luka hati umat Muslim yang diakibatkan oleh film kampungan “The Innocence of Muslims” masih miris sembilu, Stephane Charbonnier coba menjadi berita dengan menerbitkan kartun-kartun yang sengaja hendak menghina Islam dan nabi junjungannya.
 
Charlie Hebdo, majalah mingguan yang dipimpin oleh Carbonnier, memang sudah punya reputasi. Majalah ini pernah menerbitkan karikatur Nabi Muhammad bulan November lalu. Apa lagi tujuannya jika bukan untuk membuat marah umat Muslim. Serangan bom molotov di kantor majalah ini di Paris waktu itu dikaitkan dengan sikap melecehkan majalah ini.
 

Theatre de la Ville di Prancis yang dipakai untuk
pertunjukkan yang menghina umat Kristen
(foto: AFP).

Dalam tanggapannya terhadap penerbitan kemarin Charbonnier mengungkapkan, "Kalau kita mulai mengatakan bahwa kita tidak bisa menerbitkan kartun-kartun ini karena ada risiko seseorang akan kaget maka kita akan mengurungkan niat membuat kartun lain karena akan ada tekanan terhadap kartun lebih lunak dan seterusnya dan kita akan berhenti membuatnya," demikian dilansir BBC.
 
Menyikapi kemungkinan akan adanya protes umat Muslim terhadap Prancis, Menteri Luar Negerinya, Laurent Fabius, telah menginformasikan akan ditutupnya kedutaan, pusat kebudayaan, dan sekolahnya di negara-negara tertentu.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Prancis Jean-Marc Ayrault mengatakan kebebasan berbicara memang dijamin di Prancis, tetapi harus digunakan dengan penuh tanggung jawab.
 
Hal ini memang kelihatannya masih kurang disadari di Prancis.
 
Oktober tahun lalu sekelompok orang Kristen Katolik (yang dilabel “fundamentalis” oleh AFP) melakukan protes terhadap sebuah pertunjukan di Theatre de la Ville dekat katedral Notre Dame. Sekitar 20 orang ditahan dalam aksi protes yang melibatkan pelemparan bom busuk dalam sebuah pertunjukkan di mana gambar wajah Kristus dilumuri kotoran buatan. (MP)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger