"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , » Ribuan masyarakat Katolik, Muslim, dan Hindu membela Uskup Mannar

Ribuan masyarakat Katolik, Muslim, dan Hindu membela Uskup Mannar

Written By Menara Penjaga on Senin, 28 Mei 2012 | 23:03


(foto: AsiaNews)
Dilaporkan oleh Melani Manel Perera untuk AsiaNews (5/28)
SRI LANKA – Lebih dari 5000 orang yang berasal dari kalangan Kristen, Muslim dan Hindu, baik awam maupun rohaniawan, berkumpul bersama di Katedral St. Sebastian di Mannar untuk mendukung dan mengekspresikan rasa kesetia-kawanan terhadap Mrg. Rayappu Joseph, uskup gereja Katolik di Mannar (provinsi sebelah utara) yang mendapat “komentar keji” dari Rishad Bathiudeen, Menteri Industri dan Perdagangan Sri Lanka.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini di parlemen, Bathiudeen menyatakan bahwa Mgr. Joseph sedang menggerakkan masyarakat Tamil untuk menentang pemeluk agama Islam di wilayahnya. Sang menteri bahkan membandingkan Mgr. Joseph dengan Ven Innamaluwe Sumangala Nayak Thero, seorang biarawan agama Budha dari Golden Temple di Dambulla, yang pada akhir April lalu mendukung kelompok pemeluk agama Budha menyerang sebuah masjid.
Dengan hadirnya masyarakat dari berbagai penjuru Sri Lanka, para peserta rally ini menekankan “semangat luar biasa” yang dimiliki Mgr. Joseph dalam segala hal yang dikerjakannya. Pada akhir pertemuan itu, masyarkat menuntut supaya menteri Bathiudeen meminta maaf kepada Mrg. Joseph.

“Menteri itu, seorang Muslim, seharusnya dikutuk karena pernyataannya itu,” ungkap Makkal Caddar, seorang pensiunan imam. “Kami menghargai apa yang sedang dilakukan oleh [Mrg. Joseph] untuk masyarakat Mannar.”
Senada dengan itu, Suster Jachinta, biarawati yang bernaung di bawah Sisters of Charity, mengungkapkan bahwa pernyataan menteri Bathiudeen tersebut “merongrong kerukunan yang ada di tengah-tengah masyarakat.”

“Kami mengagumi apa yang dilakukan oleh Mrg. Joseph,” ungkap Mano Iankaran Sharma, seorang pemeluk agama Hindu. “Pengabdiannya mengagumkan. Ia bekerja bagi setiap kami, Tamil, Sinhalese, Katolik, Hindu, atau Muslim. Saya belum pernah melihat seorang pandita Hindu melakukan hal yang sama.”
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger