"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Miss World 2013: Beranjak dari neo-kolonialisme

Written By Menara Penjaga on Senin, 09 September 2013 | 23:43

Para peserta kontes kecantikan sedunia 2013 di Bali mengenakan pakaian adat dari seluruh penjuru Nusantara (foto: sulutdaily).
INDONESIA, Bali (MP) – Para penggiat kontes kecantikan, termasuk para peserta, nampak mulai memahami bahwa kontes kecantikan tak harus menjadi alat neo-kolonialisme budaya yang mempropagandakan satu bentuk persepsi budaya.

Hal ini nampak dari pelaksanaan Miss World 2013 di Bali yang diikuti oleh 130 peserta. 

Pelaksanaan iven pemilihan ratu kecantikan sedunia ini memang telah lama melekat dengan imej ratu Vhasti yang menyerah pada tuntutan para juri.

Baru di Indonesia para ratu Vhasti tampak simpatik, pintar, dan mempesona.

Warna-warni pakaian adat yang mewakili daerah-daerah di Indonesia menunjukkan bahwa kecantikan itu justru nampak dalam kepribadian, kepintaran emosional dan budaya, termasuk senyum; bukan pada minimnya pakaian yang menutup tubuh seorang perempuan.

Perubahan imej kontes kecantikan yang diselenggarakan di Bali ini erat terkait dengan aspirasi masyarakat. 

Penolakan terhadap kegiatan ini datang dari sejumlah ormas Muslim yang menilai bahwa kontes ini akan menjadi ajang mengumbar aurat.

Tapi kepekaan budaya panitia pelaksana dalam koordinasi dengan pemerintah dapat diapresiasi.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di Nusa Dua diisi dengan lagu-lagu Indonesia dan pakaian adat wanita dari seluruh penjuru Nusantara.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, menjelaskan bahwa penyelenggaraan kontes ini telah disesuaikan dengan norma dan kebudayaan serta adat istiadat Indonesia, termasuk kepentingan kemajuan pariwisata Indonesia.

Detiknews menulis “Para Miss World, mengaku senang bisa menggunakan pakaian adat asal Indonesia, selain penuh warna, detail desain pakaian adat Indonesia ternyata unik dan begitu mencerminkan kecantikan Indonesia, seperti yang diakui oleh Miss World Kamerun Denise Ayena.” []
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger