"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Perang media dan nasib rakyat Suriah

Written By Menara Penjaga on Kamis, 23 Agustus 2012 | 08:02

Berikut ini adalah artikel yang dimuat di BBC Indonesia (22/8) dengan judul:

Xinhua kecam keras komentar Obama soal Suriah

Kantor berita resmi Cina, Xinhua, mengecam komentar Presiden Amerika Serikat, Barack Obama soal Suriah, yang dikatakan berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

Pada hari Senin (20/08) Presiden Obama mengatakan pihaknya tidak akan membiarkan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah.
 
Dalam tajuk rencananya, Xinhua mengatakan komentar Presiden Obama tersebut mengisyaratkan bahwa pemerintah di Washington dan negara-negara Barat sedang mencari dalih untuk membenarkan intervensi militer di Suriah.

"Lagi-lagi terungkap bahwa kekuatan Barat ingin mencari alasan untuk bisa melakukan campur tangan militer di Timur Tengah," demikian tajuk rencana Xinhua.

'Perparah konflik'

Kantor berita yang dianggap sebagai cermin sikap pemerintah di Beijing tersebut menambahkan komentar seperti ini sangat berbahaya dan bisa meningkatkan eskalasi konflik dan pada saat yang sama mengganggu upaya mengatasi konflik melalui dialog politik.

Menurut Xinhua, kehadiran tentara asing hanya akan memperparah konflik dan menimbulkan masalah baru di Suriah, seperti yang terjadi di Somalia, Irak, dan Libia.

Wartawan BBC di Beijing, Damian Grammaticas, mengatakan komentar Xinhua ini menggambarkan kekhawatiran di kalangan elit Partai Komunis Cina bahwa negara-negara Barat ingin mengganti rezim di Suriah melalui mekanisme aksi kemanusiaan.

Kecaman serupa juga muncul di Rusia.

Pemerintah di Moskow mengatakan mereka yakin tentara Suriah tidak akan menggunakan senjata kimia ketika menghadapi tentara pemberontak.

Jadi kalau demikian sikap Xinhua, maka inilah sikap BBC.

Sementara itu, inilah nasib rakyat Suriah:

 
 
The future will hold you accountable.


Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger