"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Patriark Gereja Ortodoks Ethiopia meninggal dunia

Written By Menara Penjaga on Senin, 20 Agustus 2012 | 23:58

Patriark Abune Paulos (kiri) meninggal dunia hari Rabu
dalam usia 76 tahun (foto: Flickr/IBT)
ETHIOPIA, Addis Ababa.
Patriark Gereja Ortodoks Ethiopia, Abune Paulos, meninggal pada hari Rabu (8/15) pada usia 76, demikian diumumkan pemerintah Ethiopia.

"Bapa Suci telah meninggal dunia," ungkap juru bicara pemerintah Shimeles Kemal kepada Agence France-Presse, namun tidak memberikan rincian tentang kematiannya.

Departemen Luar Negeri Etiopia melaporkan pada hari Kamis bahwa Patriark Abune Paulos sedang mengalami perawatan dalam beberapa pekan terakhir karena penyakit yang tidak diungkapkan.

Berdasarkan aturan dan kanon Gereja Koptik, seorang pemimpin baru akan menggantikan kedudukannya," ungkap Shimeles.

Abune Paulos menjabat sebagai patriark sejak 1992, saat ia dipilih untuk jabatan tertinggi di Gereja Ortodoks Ethiopia itu.

Ethiopia memiliki tradisi Kristen yang membentang sampai masa awal era Kekristenan, hal yang unik di wilayah sub-Sahara Afrika.

Kerajaan Aksum, yang terletak di wilayah Ethiopia dan Eritrea saat ini, adalah bangsa kedua (setelah Armenia) yang menjadikan Kekristenan sebagai agama negara pada abad keempat. Pada abad ketujuh, ketika kekuasaan Islam menaklukkan wilayah Kristen Timur Tengah, Mesir dan Afrika Utara, Kekristenan tetap merupakan kekuatan yang kokoh di Ethiopia, meskipun Gereja Ortodoks Ethiopia menjadi terisolasi dari pusat-pusat Kristen di Eropa dan Timur Dekat.

Saat ini, lebih dari setengah dari penduduk Ethiopia memeluk agama Kristen Ortodoks.

Menurut data 2007, 62.8 persen dari 84.7 juta orang Ethiopia memeluk agama Kristen, dan 43,5% darinya merupakan anggota Gereja Ortodoks Ethiopia.

Kira-kira 45 juta orang yang hidup dalam dan di luar Ethiopia telah mengikuti kepemimpinan Abune Paulos'. (IBT)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger