"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , » Sabino: Jangan menyerah membela hak asasi manusia

Sabino: Jangan menyerah membela hak asasi manusia

Written By Menara Penjaga on Kamis, 05 Juli 2012 | 23:46

Sebuah poster menuntut keadilan bagi Willem Geertman
(foto: philstar.com)
‎FILIPINA,  5 Juli 2012.

Kelompok aktivis telah menyerukan kepada Uni Eropa untuk menghentikan dukungan dana kepada pemerintah Filipina menyusul pembunuhan seorang misionaris Belanda di provinsi Pampanga pada Selasa.

The New Patriotic Alliance and Pamalakaya, sebuah kelompok nelayan, mengecam pembunuhan terhadap Willem Geertman, dan mendesak penyelidikan segera menyusul pembunuhan dua misionaris Eropa di Filipina sejak tahun lalu.

Geertman, direktur eksekutif LSM Alay Bayan-Luzon, ditembak mati oleh seorang yang mengendarai sepeda motor di luar kantornya di Pulau Luzon bagian tengah pada siang hari.

LSM tersebut membantu dan melayani rehabilitasi kepada para petani, nelayan dan masyarakat adat, yang tidak disukai kelompok kiri.

The Promotion of Church People’s Response (PCPR) kemarin juga mengecam pembunuhan itu, dengan mengatakan pihaknya telah kehilangan salah seorang pemimpin dan sesama anggota Gereja.

“Kami menyerukan kepada pemerintah Belanda untuk menekan pemerintah Filipina agar segera melakukan penyelidikan menyeluruh dan tidak berpihak, serta bertindak adil terhadap pembunuhan Geertman dan korban pembunuhan lain di luar hukum,” kata Nardy Sabino, sekjen PCPR.

Dalam pernyataan pers yang dirilis kemarin, Sabino mendesak orang-orang Gereja “untuk tidak pernah menyerah dalam perjuangan untuk membela hak asasi manusia dan membela para pembela hingga tidak menimbulkan lebih banyak korban tewas.”

Kematian Geertman menyusul Pastor Fausto Tentorio asal Italia yang ditembak mati di halaman Gereja Bunda Penolong Abadi di kota Arakan, Mindanao pada Oktober tahun lalu.

Sumber: UCAN Indonesia
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger