"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Dunia dalam berita: Bulgaria, Suriah, Indonesia

Written By Menara Penjaga on Jumat, 20 Juli 2012 | 01:25

Evakuasi korban luka-luka (foto:AP)
BULGARIA -- Sebuah bom bunuh diri terjadi di Bulgaria, menyebabkan lima (5) warga Israel, supir berkewarganegaraan Bulgaria, dan pelaku bom tewas. Belum ada yang menyatakan bertanggung-jawab atas serangan itu, tetapi pemerintah Israel menuduh Iran sebagai otak dibelakang serangan terhadap warga negaranya. Pemerintah Iran menolak tuduhan keterlibatan mereka dalam serangan Rabu itu, sambil mengklaim bahwa Mossad, intelijen Israel, bertanggung jawab atas pembunuhan para ilmuwan Iran yang membidangi nuklir sejak tahun 2010 lalu, termasuk serangan virus komputer. Ketegangan ini semakin meningkatkan bayang-bayang perang antara dua negara yang dapat memicu kondisi yang tak terbayangkan sebelumnya, tidak hanya bagi kedua negara tapi juga bagi dunia.

SURIAH -- Mengikuti situasi di Suriah yang semakin memprihatinkan, Rusia dan Cina mem-veto resolusi PBB yang didukung oleh negara-negara Barat untuk mengakhiri pemerintahan Presiden Bashar as-Assad. Jumlah suara 11-2, dengan dua abstain, Afrika Selatan dan Pakistan. Dutabesar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, mengatakan, “Kami tidak bisa menerima dokumen pada bab 7 yang akan membuka jalan untuk sanksi menekan dan lebih jauh lagi keterlibatan militer dari luar dalam urusan domestik Suriah,” seperti dikutip AP. Sikap kedua negara adidaya ini kemungkinan mendasari keputusannya dengan melihat pengalaman Libya.

INDONESIA -- Sementara itu, dari Indonesia, dua orang siswi SMA Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School Banda Aceh, Rizka Nadia dan Syarifah Fazrina, berhasil menyisihkan peserta dari 52 negara, saat mengikuti Genius Olympiad di New York, Amerika Serikat, 24-30 Juni 2012. Penemuan mereka dapat membuat polusi berkurang secara signifikan. Racikan gulma yang disebut kiambang, ragi, dan air bersih buatan mereka ternyata bisa menggantikan fungsi premium (bensin). Namun berkurangnya polusi takkan berarti apa-apa jika sesama manusia masih saling melihat satu dengan yang lain sebagai musuh dan ancaman. (AP/SerambiIndonesia/MP)





Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger