"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , » Muslim Sri Lanka mengeluhkan sikap intoleransi

Muslim Sri Lanka mengeluhkan sikap intoleransi

Written By Menara Penjaga on Jumat, 29 Juni 2012 | 00:50

Umat Muslim di Srilanka (foto: onislam)
SRI LANKA -- Komunitas Muslim di Sri Lanka mengeluhkan meningkatnya sikap intoleran di masyarakat. Keluhan itu bisa jadi tercermin dalam sejumlah kasus yang terjadi belakangan. Sejumlah masjid diserang dan didatangi para aksi demonstran. Persoalannya sepele, mereka yang menyerang dan mendatangi masjid merasa bangunan ini ilegal.

Salah seorang tokoh muslim, Sheikh Rasmya mengatakan apa yang terjadi lebih banyak karena salah paham. Seperti misal, ritual kurban banyak diprotes lantaran dianggap melanggar hak asasi hewan. Padahal dalam ritual ini terkandung makna keadilan sosial.

"Jelas sekali, betapa sedikitnya masyarakat Sri Lanka yang memahami ajaran Islam," kata dia seperti dikutip onislam.net, Rabu (27/6).

Imam Masjid Darul Iman, Kolombo, Reza mengaku bingung dengan meningkatnya sikap intoleransi. Menurutnya, intoleransi telah memicu ketegangan baru di seluruh negeri. "Kami sulit percaya apa yang terjadi sekarang ini. Muslim, Kristen, Budha, dan Hindu hidup berdampingan dalam waktu yang cukup lama," kata dia.

Sementara itu, pejabat Departemen Agama menyatakan tidak ada masalah dengan toleransi. Ia mengatakan masalah yang terjadi hanyalah persoalan izin pembangunan masjid. Sebab, sebagian masjid tidak memperoleh izin dari kementerian, pemerintah daerah dan lokal.

"Siapa pun yang tidak mengikuti prosedur ini dapat dikategorikan ilegal," kata dia.

Ia juga memastikan bahwa masalah kebebasan beragama mendapat jaminan konstitusi Sri Lanka."Kami negara demokrasi. Itulah yang membedakan negara kami dengan Arab Saudi atau Maladewa. Setiap warga negara bebas untuk mempraktekan keyakinan mereka selama menghormati hukum," paparnya. (Republika/Perisai.net)

Baca selengkapnya di sini.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger