"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Sistem pensiun Indonesia harus dirubah

Written By Menara Penjaga on Rabu, 26 September 2012 | 11:19

(Ilustrasi: love-ebenhaezer.blogspot.com)
INDONESIA, Jakarta (BBC).  
 
Sistem pensiun di Indonesia masih tergolong sangat buruk dengan hanya sekitar 10% dari jumlah penduduk yang memiliki pensiun. Hal ini terungkap dalam sebuah buku yang disusun Bank Pembangunan Asia (ADB).

"Sebagian besar penduduk Indonesia tidak punya pensiun, pada prinsipnya hanya sekitar 10% dari jumlah penduduk," kata Sri Wening Handayani, analis pembangunan sosial dari ADB yang ikut menyusun buku yang diterbitkan Selasa (25/09).

"Di Indonesia yang memiliki pensiun hanya pegawai pemerintah ataupun mereka yang bekerja di sektor swasta [tertentu]," kata Sri Wening kepada BBC.

Buku itu menyerukan agar sistem pensiun diperluas lebih dari delapan kali lipat dan mencakup sektor informal.

Secara keseluruhan dalam buku berjudul Pension Systems in East and Southeast Asia: Promoting Fairness and Sustainability (Sistem Pensiun di Asia Timur dan Tenggara: Meningkatkan Keadilan dan Keberlanjutan) disebutkan ratusan juta pekerja di Asia menghadapi usia tua yang tidak jelas karena buruknya sistem pensiun ini.

"Data tahun 2007 menunjukkan, terdapat sekitar 400 juta penduduk tua (di Asia) dan diperkirakan pada tahun 2015 penduduk tua akan berkembang menjadi 1,3 miliar jiwa," kata Sri Wening. (*)

Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger