"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Hari Doa Bagi Perdamaian: 21 September 2012

Written By Menara Penjaga on Sabtu, 25 Agustus 2012 | 02:48

International Day of Prayer for Peace 2012
Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (World Council of Churches [WCC]) telah menyerukan kepada gereja-gereja dan jemaat-jemaat di seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam Hari Internasional Doa bagi Perdamaian (International Day of Prayer for Peace) yang akan jatuh pada 21 September nanti.
 
Hari ini adalah bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional (International Day of Peace) yang diprakarsai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.
 
Jemaat dan gereja-gereja diundang terutama untuk berdoa dan melakuan aksi bersama-sama bagi perdamaian yang berkeadilan dalam masyarakat, bangsa dan dunia.
 
Doa-doa dari berbagai belahan dunia akan disebarkan melalui media online, termasuk Facebook dan Twitter. Bagi mereka yang memilih untuk tidak menggunakan media sosial ini akan dijangkau melalui email. Pada gilirannya doa-doa ini juga dapat dibacakan dalam pertemuan-pertemuan jemaat atau di gereja, supaya dapat menjangkau anggota-anggota jemaat yang tidak menggunakan elektronik. 
 
Doa untuk perdamaian yang berkeadilan mengangkat segi sosial, ekonomi, lingkungan hidup termasuk dalam segi militer dan politik.
 
Tahun ini On Earth Peace (damai di bumi), sebuah organisasi berkedudukan di Amerika Serikat yang berkaitan dengan Church of the Bretheren mengangkat tema Berdoa untuk Genjatan Senjata.
 
"Bagi sebagian orang, berdoa untuk gencatan senjata berarti berdoa untuk berakhirnya konflik bersenjata. Bagi yang lain, gencatan senjata berarti mengakhiri konflik di masyarakat, tempat kerja, gereja atau keluarga," ungkap Matt Guynn dari On Earth Peace.
 
Untuk memperingati hari doa ini, On Earth Peace mengundang berbagai jemaat dan berbagai kelompok lainnya untuk merencanakan sebuah kegiatan yang di dalamnya terdapat doa, acara berbagi budaya, musik dan seni, sebagai bentuk tantangan terhadap kekerasan dalam masyarakat dan untuk mendorong berbagai tindakan untuk perdamaian.
 
Tahun lalu doa bagi perdamaian mengelilingi dunia yang dimulai dari Kuba ke Fiji, Indonesia, Rwanda, Jerman dan Kanada.
 
Sebuah jemaat di Wales, sebagai salah satu contoh, berdoa untuk rekonsiliasi dan penolakan terhadap robot militer (tanpa awak).
 
Dengan kata lain, kegiatan sesederhana apapun dapat dilaksanakan untuk mendoakan perdamaian di bumi.
 
Kegiatan doa bagi perdamaian dimulai tahun 2004 sebagai bagian dari kegiatan bersama gereja-gereja yang disebut Dekade Untuk Mengatasi Kekerasan (2001-2010) yang mengikuti sebuah perjanjian yang dilakukan antara pimpinan WCC dan PBB.
 
Masih di awal dekade kedua (2011-2020) perang dan kekerasan telah terjadi di mana-mana, menunjukkan perlunya partisipasi dan keberlangsungan kegiatan ini di seluruh dunia. Mari dukung bersama(ekklesia/MP)
 
Informasi selebihnya mengenai International Day of Prayer for Peace: www.overcomingviolence.org/IDPP

Peace prayer wall di Facebook: https://www.facebook.com/events/104942829652406/

Di Twitter, kampanye perdamaian ini menggunakan tag #peaceday

Informasi selebihnya mengenai International Ecumenical Peace Convocation: www.overcomingviolence.org
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger