"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , » Penetapan bakal calon Ephorus HKBP 2012-2016

Penetapan bakal calon Ephorus HKBP 2012-2016

Written By Menara Penjaga on Senin, 30 Juli 2012 | 07:43

INDONESIA, Taput
Hasil sinode distrik yang digelar sejak tanggal 24-26 Juli menyebutkan, sebanyak lima calon secara resmi akan bertarung untuk memperebutkan jabatan Ephorus HKBP periode 2012-2016. Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Ramlan Hutahaean MTh dikonfirmasi METRO, Jumat (27/7) di Kantor Pusat HKBP Pearaja membenarkan. Kelima calon tersebut masing-masing Pdt WTP Simarmata, Pdt Ramlan Hutahaean, Pdt Binsar Nainggolan, Pdt Nelson Siregar, serta Pdt David Sibuea.

“Kelima nama ini lah yang nantinya menjadi calon Ephorus HKBP periode 2012-2016. Pemilihan akan digelar 10-16 September mendatang,” ujar Ramlan Hutahaean. Lebih jauh Ramlan sekaligus Ketua Umum Pelaksanaan Sinode Godang 2012 mengatakan, selain pemilihan calon Ephorus pada sinode distrik yang serentak dilaksanakan di 27 distrik HKBP se-Indonesia selama tiga hari berturut-turut itu, calon pimpinan HKBP seperti Sekjend dan tiga Kepala Departemen HKBP juga sudah diketahui.

“Mulai saat ini hingga hari H-nya nanti merupakan masa-masa paling penting bagi 1.359 orang utusan sinode yang memiliki hak suara. Karena pada masa ini lah seluruh utusan harus bisa memahami atau mendalami para calon Ephorus untuk kemudian menentukan pilihannya nanti,” ujarnya. Sementara jemaat HKBP yang tidak memiliki hak suara, sambung Ramlan, diimbau mendoakan agar setiap utusan dalam penentuan siapa yang akan dipilih pada Sinode Godang nanti berdasarkan suara Tuhan.

Ditanya kriteria seperti apa Ephorus yang dibutuhkan HKBP saat ini dengan tegas Ramlan menyebut, pada dasarnya HKBP membutuhkan figur Ephorus yang bisa memimpin HKBP menjadi gereja mandiri, kuat dan berpengaruh serta memahami posisi gereja saat ini. “Yang paling penting tidak terkontaminasi dengan kepentingan sepihak. Tidak dapat dipengaruhi oleh pengusaha maupun penguasa. Apalagi setelah Sinode Godang akan banyak pemilihan umum. Jangan sampai ada yang memanfaatkan HKBP untuk berpolitik,” imbaunya.

Untuk diketahui, dalam Sinode Godang HKBP yang akan dilaksanakan selama seminggu mulai tanggal 10-16 September mendatang, selain pemilihan Ephorus juga dilakukan pemilihan Sekjend, 3 Kepala Departemen HKBP, serta praeses distrik.

Dari 5 calon Ephorus HKBP yakni Pdt WTP Simarmata merupakan mantan Sekjen HKBP dan mantan Ketua Persekutuan Gereja Indonesia, saat ini sebagai ketua rapat pendeta HKBP. Sedangkan Ramlan Hutahaean merupakan Sekjend HKBP. Sementara itu, Binsar Nainggolan juga merupakan Kepala Departemen Marturia HKBP, Nelson Siregar adalah Kepala Diakonia HKBP, serta David Sibuea merupakan seorang praeses di distrik.

WTP Simarmata, salah seorang calon Ephorus HKBP yang ikut bertarung di Sinode Godang September mendatang mengatakan, setelah pemilihan lalu gagal terpilih sebagai Ephorus, kali ini dia ingin terpilih. Namun, dia tak ingin terlalu memaksakan kehendak dan menyerahkan semuanya kepada utusan pemilik suara. “Ketika terpilih, kita siap,” ujar Simarmata yang juga mantan Sekjen HKBP. Menurutnya, kriteria Ephorus yang dibutuhkan HKBP saat ini adalah sosok seseorang benar-benar bisa mendengar jeritan jemaat dan memperjuangkan kebebasan beribadah. “Ephorus harus menjadi pelayan jangan dilayani,” tegasnya.

Baca selengkapnya di MetroSiantar.
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger