"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , » Video yang membuat Youtube mendapat kritikan tajam

Video yang membuat Youtube mendapat kritikan tajam

Written By Menara Penjaga on Jumat, 25 Mei 2012 | 05:07

Video yang membuat Youtube mendapat kritikan tajam di-upload tanggal 16 Mei 2012 lalu.

Hanya dua jam setelah itu video yang diberi judul “Homosexual Marriage (WARNING!) Look to Canada” ini telah dinonaktifkan oleh Youtube dengan alasan melangar kebijakannya mengenai “hate speech” (ungkapan kebencian). Memang video ini mendapat “bendera” (flagged) dari sejumlah user.

Menurut kebijakan Youtube “[p]ada saat sebuah video diberi tanda (flagged), video tersebut direview oleh tim Youtube menurut kebijakan yang telah ditetapkan. Setelah direview, kami memutuskan bahwa video(-video) ini mengandung bahan yang melanggar pedoman kami, dan telah non-aktifkan.”

Kebijakan Youtube antara lain:
"Kami mendukung kebebasan berpendapat  dari setiap orang dan berpihak pada hak masing-masing orang untuk mengekspresikan pendapatnya yang tidak dianut secara umum. Akan tetapi kami tidak mengizinkan adanya ungkapan kebencian (ungkapan yang menyerang atau melecehkan sebuah kelompok atas dasar ras, etnisitas, agama, keterbatasan fisik atau mental, gender, umur, status veteran, orientasi seksual/identitas gender.)”

Masalahnya adalah video yand dibuat oleh Bradlee Dean ini tidak menyerang atau melecehkan pelaku hubungan gay, melainkan mempertanyakan suatu kebijakan yang diakibatkan oleh kejadian faktual dan keputusan politik di Kanada.

Tindakan Youtube ini kemudian menjadi sorotan berbagai media di Amerika, hanya saja di Indonesia sepertinya berita ini lolos dari radar media lokal. Tanggapan dan dukungan dari publik Amerika untuk pesan dalam video itu akhirnya memaksa Youtube untuk membuka video ini kembali, dan sekarang dapat dilihat di sini. (NewsBusters/Youtube)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger