"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , , , » Persipura juara Indonesia Super League 2012-2013: Kekompakan tim dan doa

Persipura juara Indonesia Super League 2012-2013: Kekompakan tim dan doa

Written By Menara Penjaga on Senin, 23 September 2013 | 23:34

Rayakan kemenangan: Persipura mengalahkan Persija dengan skor 3-2 dalam laga Indonesia Super League 2012-2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Selasa, 4/6/2013 (foto: KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA).


INDONESIA, Jayapura (Kompas.com) — Sejumlah pemain Persipura Jayapura mengaku senang bisa kembali meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) pada musim 2012-13. Beberapa pemain pun mengaku salah satu kunci keberhasilan tersebut adalah kekompakan tim dan doa dari seluruh masyakarat Jayapura. 

Persipura memastikan gelar juara ISL 2012-13 dengan perolehan poin 82 dari total 34 pertandingan. Ini adalah gelar keempat skuad Mutiara Hitam. Sebelumnya, mereka menjadi juara pada musim 2004-2005, 2008-2009, dan 2010-2011.

Bek Persipura Ricardo Salampesy mengakui keberhasilan skuad Mutiara Hitam tidak didapat secara tiba-tiba. Menurutnya, sejak dibentuk pada 2004, Persipura selalu berusaha menanamkan pakem yang terus dijaga oleh para pemain dan manajemen klub hingga era kepelatihan Jacksen F. Tiago

Selain itu, lanjut Ricardo, dukungan masyarakat Jayapura dan faktor kebanggaan daerah pun berperan besar terhadap perjuangan Persipura dalam mengarungi kerasnya kompetisi sepak bola Indonesia. Ia mengaku senang dan bangga setiap kali bertanding di Jayapura karena dukungan para suporter sangat luar biasa. 



"Lalu banyak dari kami para pemain juga tumbuh bersama-sama dari yunior hingga senior. Jadi, kami sudah saling mengenal satu sama lain. Tim ini sangat kental untuk urusan kekeluargaan," ungkap Ricardo di Jayapura, Sabtu.

Pendapat sama pun dikemukakan bek Bio Paulin. Pemain asal Kamerun tersebut menilai kesolidan tim serta pemahaman antara pemain merupakan faktor utama kunci kesuksesan Persipura. 

"Kita selalu, sebelum bermain, bersyukur kepada Tuhan dan masyarakat juga sangat bangga kepada tim ini sehingga dukungan mereka sangat luar biasa. Kita juga saling memberikan motivasi kepada pemain-pemain lain dan saling menjaga kondisi untuk selalu fokus menjalani pertandingan-pertandingan," beber Bio.


Sementara itu, manajer Persipura, Rudy Maswi, mengatakan, pihaknya juga selalu berusaha untuk menjaga kebersamaan dengan para pemain dan pelatih. Selain itu, manajemen Persipura juga selalu menyampaikan keterbukaan terkait dengan masalah manajemen tim. 


CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono menambahkan, Persipura saat ini adalah satu salah tim sepak bola terbaik yang dimiliki Indonesia. Menurut pria yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI itu, Persipura bersama seluruh masyarakat Papua telah berkontribusi besar terhadap kemajuan sepak bola Indonesia, salah satunya adalah sumbangan para pemainnya untuk tim nasional.

"Persipura dan Papua tidak pernah tergantikan di negeri ini. Kami menyakini Persipura, Jayapura, dan Papua dihuni orang-orang hebat. Terima kasih untuk mereka semua yang telah berkontribusi besar terhadap sepak bola Indonesia," kata Joko. []
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger