"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , » Korupsi memiskinkan rakyat, Ketua KPK himbau pengawasan dan laporan masyarakat

Korupsi memiskinkan rakyat, Ketua KPK himbau pengawasan dan laporan masyarakat

Written By Menara Penjaga on Rabu, 24 April 2013 | 00:30

"Apabila ada penyimpangan segera lapor ke pihak kepolisian, kejaksaan dan KPK,"
ajak Ketua KPK Abraham Samad (foto: kompasiana).
INDONESIA, Aceh (detikNews, Rabu, 24/4/2013) - Ketua KPK Abraham Samad menyebut korupsi sebagai kejahatan luar biasa. Masyarakat harus turut serta mencegah atau melaporkan tindak pidana korupsi.

Hal ini disampaikan Abraham saat menjadi pemateri utama dalam Simposium Anti Korupsi Aceh 2013 yang diselenggarakan Sekolah Antikorupsi Aceh dan Universitas Muhammadiyah Aceh di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, Selasa (23/4/2013).

Menurut Abraham, korupsi di Indonesia telah meluas secara sistematik di berbagai tingkatan baik pusat, daerah yakni ekskutif, legislatif maupun yudikatif.

"Oleh karenanya, korupsi digolongkan sebagai kejahatan luar biasa," ujar Abraham di hadapan ratusan peserta yang berasal dari mahasiswa.

Abraham menjelaskan, ketika korupsi meningkat, maka akan menyebabkan naiknya angka kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun. Selain itu juga berdampak kepada angka pengangguran.

"Jika korupsi di Indonesia tidak ditangani langsung, maka kemiskinan, pengangguran dan kejahatan alam akan terus merajalela, ”sebutnya.

"Ini belum lagi termasuk utang negara yang mencapai 1.900 triliun rupiah. Bayangkan setiap bayi yang lahir di Indonesia akan menanggung utang tersebut," tuturnya.

Abraham menambahkan, saat ini permasalahan korupsi bukanlah masalah lokal saja, kini sudah menjadi fenomena transnasional yang mempengaruhi semua lapisan masyarakat.

"Sehingga mendorong perlunya kerjasama internasional dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi," imbuh dia.

Untuk menekan itu semua, ia berharap peran masyarakat untuk selalu melakukan pengawasan. "Apabila ada penyimpangan segera lapor ke pihak kepolisian, kejaksaan dan KPK," ajak Abraham.

Judul asli: Ketua KPK Ajak Masyarakat Aktif Laporkan Dugaan Korupsi
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger