"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , » Presiden Mursi: Mesir dapat belajar dari Indonesia

Presiden Mursi: Mesir dapat belajar dari Indonesia

Written By Menara Penjaga on Kamis, 06 Desember 2012 | 07:58

Presiden Mesir Muhammad Mursi
(foto: Wikipedia)
MESIR, Kairo (Kompas.com, 4 Desember 2012).

Presiden Mesir Muhammad Mursi ketika menerima Ketua DPR RI Marzuki Alie hari Senin (3/12/2012) di Kairo menyatakan, pengalaman Indonesia yang telah berhasil menciptakan iklim demokrasi yang baik dalam pemilu presiden dan pemilu lainnya dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi Mesir yang sedang menjalani masa transisi.

Seperti diketahui, Mesir kini tengah mengalami krisis politik menyusul diterbitkannya dekrit presiden hari Kamis pekan lalu yang mengundang protes luas dari berbagai elemen masyarakat Mesir.

Mursi juga berkeinginan untuk mengunjungi Indonesia agar dapat mengenalnya lebih dekat.
Ketua DPR RI yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Parliamentary Union of Organization of Islamic Conference (OIC) Member Countries itu yakin bahwa Mesir akan berhasil melalui masa-masa sulit dalam proses demokratisasi yang saat ini sedang berlangsung.

Indonesia, lanjut Marzuki Alie, sebagai negara yang mempunyai kedekatan secara historis dengan Mesir, telah melakukan berbagai dukungan konkret untuk Mesir, di antaranya dengan telah diselenggarakannya lokakarya yang bertema "Building Electoral Democracy in Egypt: Lesson Learned from the Indonesian Experience" yang diselenggarakan di Kairo pada tanggal 25-26 Juli 2011 yang merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di Jakarta pada tanggal 25- 27 Mei 2011.

Marzuki Alie secara khusus memberikan apresiasi kepada Mesir atas langkah antisipasinya dalam menciptakan terjadinya gencatan senjata antara Israel dan Palestina. Hal itu, menurutnya, merupakan capaian penting Mesir dalam upaya mengembalikan perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Marzuki Alie juga menekankan perlunya meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi, khususnya investasi dan perdagangan yang kesempatannya masih terbuka lebar. (Seterusnya)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger