"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , , » MUI mengecam bupati yang nikah cerai dalam empat hari

MUI mengecam bupati yang nikah cerai dalam empat hari

Written By Menara Penjaga on Kamis, 06 Desember 2012 | 08:20

Pasangan baru (nikah-cerai)
(foto: detikNews).
INDONESIA, Jakarta (detikNews) -- Bupati Garut Aceng HM Fikri (40) yang menikahi secara siri Fany Octora (18) hanya 4 hari lalu menceraikannya lewat SMS, ramai diperbincangkan. Atas perbuatannya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai Aceng telah melakukan perbuatan pelecehan agama.

"Dalam agama Islam, perkawinan itu sedapat mungkin tidak boleh dipisahkan, harus dibimbing menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah. Jadi Bupati itu melecehkan agama kalau hanya nikah 4 hari lalu menceraikan sang perempuan. Itu melanggar etika," ujar Ketua MUI, Amidhan saat berbincang dengan detikcom, Rabu (5/12/2012).

Amidhan mengatakan, dalam agama Islam pernikahan siri memang tidak dilarang. Namun, dalam Alquran ditegaskan bahwa pernikahan itu harus diupayakan untuk harmonis dan bertahan.

"Dalam surat Ar Rum ayat 25, perkawinan itu diupayakan agar langgeng, menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrarhmah. Jadi dia dianggap mempermainkan agama," tegas Amidhan.

Terlebih, lanjut Amidhan, Aceng merupakan pemimpin daerah. Maka Aceng harus bisa memberikan tauladan yang baik bagi warganya.

"Pernikahan siri memang banyak terjadi di Indonesia, tapi seharusnya pejabat publik jangan begini. Dia kan pemimpin, harus menjadi tauladan dan harus memberi contoh yang baik. Sementara dia melanggar," ucapnya.

-------

Setuju dengan MUI.

Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger