"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , , , » Badai Sandy menerjang Haiti, mengancam pantai timur Amerika Serikat

Badai Sandy menerjang Haiti, mengancam pantai timur Amerika Serikat

Written By Ray Maleke on Selasa, 30 Oktober 2012 | 05:41

Citra satelit badai Sandy (foto: news.yahoo.com)
AMERIKA SERIKAT, Washington DC (KOMPAS.com, 29 Oktober 2012).
 
Badan Cuaca Nasional AS mengatakan, [badai] Sandy bergerak ke utara dari Karibia, diperkirakan mencapai daratan pada Selasa (30/10) dini hari dekat pantai Delaware. Pada saat yang sama, sebuah badai musim dingin bergerak melintasi AS dari arah barat dan udara dingin mengalir ke selatan dari Kanada. (Badai super)
 
Kalau ketiganya bertemu, Selasa pagi, di sekitar New York atau New Jersey, diperkirakan akan menciptakan badai super. Badai ini akan bergerak ke barat dan menghantam Negara Bagian Virginia, West Virginia, Pennsylvania, New York, Massachusetts, bahkan Ohio.
 
Badai super bisa membawa hujan hingga 300 milimeter, angin kencang, dan salju setebal 60 sentimeter. ”Tampaknya ini akan merupakan badai serius yang bersejarah,” kata Jeff Masters, Direktur Meteorologi pada Layanan Prakiraan Cuaca Weater Underground.
 
Dengan gabungan tiga sistem cuaca di kawasan yang padat penduduk, para ahli memperkirakan kerugian bisa mencapai 1 miliar dollar AS. Badai super itu diperkirakan bisa memengaruhi hingga sepertiga wilayah AS.
 
"Tak diragukan lagi pasti akan jatuh korban jiwa," kata Gubernur Maryland, Martin O'Malley, kepada wartawan, sembari mengatakan intensitas badai Sandy sangat mungkin menghasilkan hantaman ombak raksasa. (Sandy mengancam)
 
Ramalan cuaca memperingatkan bahwa di pelabuhan New York dan Long Island akan menghadapi ombak setinggi lebih dari tiga meter ditambah gelombang pasang akibat bulan purnama.
 
Sebelumnya, topan ini telah menghantam langsung Jamaika, Kuba, dan Kepulauan Bahama. Namun, sebagian besar korban tewas dan kerusakan yang paling parah terjadi di Haiti.
 
Korban tewas di Haiti yang telah dikonfirmasi mencapai 29 orang pada Jumat malam. Banjir dilaporkan terjadi di seluruh pelosok Haiti. Padahal, sekitar 370.000 orang masih tinggal di tempat penampungan sementara akibat gempa bumi besar tahun 2010.
 
Di New York dan Washington, semua sekolah diliburkan, para pekerja memilih diam di rumah dan seluruh layanan transportasi publik dihentikan membuat jalanan kota terasa sangat lengang.
 
Pemerintah New York memerintahkan evakuasi 375.000 orang yang tinggal di dataran rendah.
 
-------
Mari kita doakan dan bergumul bersama mereka yang tertimpa bencana di Haiti, dan wilayah lainnya akibat badai ini. Jikalau ada yang bisa kita lakukan untuk meringankan beban saudara-saudara kita, mari kita saling berkoordinasi dengan badan-badan amal nasional maupun internasional untuk dapat mengirimkan bantuan makanan dan pakaian bagi mereka yang sangat membutuhkannya. Beberapa organisasi gereja juga telah berupaya untuk membangun komunitas di Haiti sejak gempa bumi besar lalu. Sebuah daftar yang disediakan Christian Standard (dapat dilihat di sini) mungkin dapat membantu.[*]
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger