"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , , » Hugh White: Ekonomi Indonesia akan lebih besar dari Australia

Hugh White: Ekonomi Indonesia akan lebih besar dari Australia

Written By Menara Penjaga on Rabu, 23 Mei 2012 | 07:09

(foto: ppia-flinders)
Sebuah laporan dari harian The Australian, Selasa (22/05) mengungkapkan bahwa seorang ahli studi strategis Australia, Hugh White dari Australian National University (ANU), berpendapat bahwa bantuan pembangunan yang diberikan oleh Australia kepada Indonesia bisa menjadi hal yang "memalukan" bagi Australia. 

Menurutnya di masa mendatang, ekonomi Indonesia akan lebih besar, yaitu keempat terbesar di tahun 2040, dan akan tiga kali lebih besar dibandingkan Australia di tahun 2050. "Jadi dalam waktu dekat, bantuan pembangunan ke negara yang lebih kaya dari Australia akan menjadi hal yang memalukan," kata White.

Menurut White dana bantuan tersebut lebih baik digunakan untuk mengirim 10 ribu warga muda Australia setiap tahunnya ke Indonesia untuk mempelajari bahasa Indonesia dan mengenal Indonesia lebih dalam. Menurut Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia bantuan dana pembangunan untuk Indonesia untuk anggaran 2012-2013 adalah 578 juta dollar AS, bantuan terbesar dalam hubungan bilateral. 

Prof. White menambahkan bahwa tidak benar bantuan pembangunan ini menunjukkan solidnya hubungan antar kedua negara dan merupakan hal yang dibutuhkan agar Indonesia menjadi lebih makmur. Dirinya mengakui bahwa bantuan pembangunan ini bisa membantu mengurangi kemiskinan di Indonesia, namun "hal tersebut tidak membantu membangun hubungan yang seharusnya ada ketika Indonesia sudah menjadi negara besar." (jawaban.com)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger