"Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."
Home » , , » Statemen gabungan Katolik-Yahudi: Degradasi moral adalah penyebab utama krisis ekonomi global

Statemen gabungan Katolik-Yahudi: Degradasi moral adalah penyebab utama krisis ekonomi global

Written By Ray Maleke on Sabtu, 31 Maret 2012 | 23:04

ROMA, 30 Maret 2012. Krisis ekonomi global diakibatkan oleh kegagalan moral dalam masyarakat yang mengabaikan ketentuan moral universal, demikian diungkapkan dalam pernyataan gabungan Yahudi/Katolik yang disampaikan hari ini dari Vatikan seperti dilansir LifeSiteNews.com. Fondasi dari tatanan ekonomi yang adil adalah jaminan untuk “perlindungan akan kehidupan” dan diikuti oleh jaminan tersedianya “kebutuhan dasar manusia tertentu, seperi makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, pendidikan dan pekerjaan.”

Akar dari krisis ini terdapat dalam “nilai moral yang hanya mementingkan untuk memiliki (having), yang tercermin dalam budaya keserakahan, dan mengaburkan pentingnya [nilai] ada (being); [termasuk] sangat kurangnya nilai kebenaran dalam kejujuran dan transparansi dalam kegiatan ekonomi.

“Selanjutnya krisis ini menunjukkan betapa kurangnya komponen etis dalam pemikiran ekonomi.

“Tujuan dari sebuah tatanan ekonomi adalah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, menegaskan martabat kemanusiaan dari segala bangsa, masing-masing diciptakan menurut Gambaran Ilahi.”

Menurut pandangan para delegasi yang penting di antara solusi yang ditawarkan untuk mengatasi krisis ini adalah mendorong pemahaman ekonomi “cukup” sebagai lawan dari konsumsi takterpuaskan [konsumerisme]. Dan untuk supaya ini dapat terjadi diperlukan “diperlukan tingkat pembatasan diri (self-limitation)” dan “kesederhanaan (modesty)” dan “penatalayanan yang bertanggung jawab.”

Inti dari “tatanan ekonomi yang adil adalah penegasan akan kekuasaan dan pemeliharaan dari Tuhan pencipta alam semesta,” yang adalah sumber dari segala kekayaan yang diberikan pada umat manusia “untuk kebaikan bersama.”
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Menara Penjaga - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger